/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Rabu, 10 Juli 2013

PRILAKU TERCELA


PERILAKU TERCELA
Oleh Ustad Agus Talik. S.Ag


Beberapa perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah SWT khususnya yang berkaitan langsung  terhadap perilaku  diri kita  sendiri, diataranya :
1.      Ujub
Ujub artinya sikap manusia yang senantiasa membangga-banggakan diri sendiri atau bermegah diri.
Firman Allah SWT
Dan janganlah harta benda dan anak-anak mereka menarik hatimu ( menjadikan kamu bersikap ujub ) ,sesungguhnya Allah menghendaki akan mengadzab mereka didunia dengan harta dan anak-anak itu agar melayang nyawa mereka dalam keadaan kafir’ ( QS.At-Taubah,9 : 55 )
2.      Takabbur
Takabbur adalah sikap perilaku membesarkan diri dan tidak mau menerima kebenaran serta senantiasa memandang rendah orang lain.
Firman Allah
Artinya : “ ....Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang takabbur sombong ‘ ( QS. An-Nahl,16:23 )

Selain perilaku tercela yang berkaitan dengan diri sendiri juga ada beberapa perbuatan yang juga sangat dibenci Allah SWT yang kaitannya terhadap orang lain,
1.      Dusta
Dusta artinya memberikan atau menyampaikan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Dusta itu meliputi dusta ucapan/lisan,dusta tulisan serta dusta hati.
Firman Allah ;
Amat besar kebencian disisi Allah,bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu perbuat “ ( QS.Ash-Shof;61: 3)
2.      Menipu
Menipu adalah mengecoh atau membaguskan sesuatu yang buruk baik melalui lisan atau perbuatan.
Firman Allah ;
Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang “ (QS.Al-Muthoffifin : 1)
Contoh, seseorang menjual makanan yang dikatakan halal 100 % padahak ia telah mecampurinya dengan sesuatu yang  haram.
3.      Ingkar janji
Ingkar janji adalah perilaku untuk tidak melaksanakan kesepakatan yang telah dilakukan dengan fihak lain. Orang yang ingkar janji termasuk orang-orang yang munafik.
Firman Allah ;
Dan ingatlah ketika kamu mengambil janji dari bani Israil (yaitu) ; janganlah kamu menyembah selain Allah dan berbuat baiklah kepada ibu bapak,kaum kerabat,anak-anak yatim  dan orang-orang miskin serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia,dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat.Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu,kecuali sebagian kecil daripada kamu san kamu selalu berpaling ( QS. Al-Baqoroh : 83)
4.      Sumpah palsu
Sumpah palsu adalah ucapan sumpah yang tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Perbuatan seperti ini sangat berbahaya dan sangat berdosa besar,karena akibat yang ditimbulkan orangyang melakukan sumpah palsu ini juga akan berdampak bersar kemudharotannya kepada orang lain
Firman Allah ‘
Kelak mereka akan bersumpah kepadamu dengan nama Allah,apabila kamu kembali kepada mereka,supaya kamu berpaling dari mereka,maka berpalinglah dari mereka karena sesungguhnya mereka itu adalah najis dan tempat mereka jahanam,sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.(QS.At-taubah : 95)
5.      Kesaksian palsu
Saksi palsu kesaksian sesorang yang tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Perbuatan ini juga berdampak besar kepada orang lain bahkan semua orang dalam komunitas yang sangat luas,misalnya negara. Berapa banyak para pejabat yang salah namun karena banyaknya saksi-saksi  palsu maka orang yang bersalahpun akhirnya menjadi bebas atas jeratan hukum.
                  Firman Allah :
Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab kepadamu dengan membawa kebenaran supaya kamu mengadili antara manusia dengan apa yang telah Allah wahyukan kepadamu,dan janganlah kamu menjadi penantang (orang yang tidak bersalah) karena membela orang-orang yang khianat” ( QS.An-Nisa : 105)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar