/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Selasa, 18 Juni 2013

MEMPERSIAPKAN GENERASI RABBANI
Oleh :
Ustad Agus Talik S.Ag
Dalam Islam kaum muslimin diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyiapkan generasi berikutnya yang lebih baik. Berdosa bagi kita manakala kita masa bodoh atau membiarkan anak – anak muslim lainnya dalam kondisi lemah. Baik lemah keimanannya, ibadahnya, ilmu pengetahuannya, ekonominya dan sebagianya. Allah SWT berfirman :
‘ Dan hendaklah takut kepada Allah Orang – orang yang seandainnya meninggalkan dibelakang mereka anak – anak yang lemah ( QS. An – Nisa : 9 )
Maka dalam hal ini khususnya para orang tua hendaklah bersungguh – sungguh menyiapkan segala apa saja yang membuat anak – anak kita menjadi kua, bahkan mengupayakan hal tersebut menjadi bernilai pahala JIHAD disisi Allah SWT.
Mengupayakan Pendidikan adalah langkah yang tepat dalam menyiapkan generasi islam yang kokoh. Generasi yang didalam al qur’an memiliki beberapa karakteristik sebagai indikator keberhasilan Out Put sebuah Institusi pendidikan yang terdapat dalam QS Al Maidah : 55 yaitu : Mencintai Allah SWT, mencintai sesama orang beriman / bersaudara karena iman, tegas kepada nilai nilai kekufuran, beramal dan berjuang menegakan nilai – nilai kebenaran dijalan Allah SWT, tidak gentar terhadap tantangan perjuangan.
Menjadikan anak – anak kita generasi muslim / muslinah yag kuat seperti yang nampak tergambar dalam ayat yang diatas, tidaklah mudah dan sangat berat. Inilah yang kita sebut sebagai jihad karena butuh pengorbanan baik pemikiran, tenaga,perasaan dan lain sebagainya. Namaun segala pengorbanan yang kita lakukan akan berbuah menjadi kenikmatan ketika akan muncul generasi islam yang memang tinggal di negara Indonesia tercinta ini yang mampu mengangkat derajat meraka juga bangsa ini kepada kedudukan terhormat baik di pandangan Allah SWT maupun manusia di seantero jagat ini, inilah janji Allah swt : ‘Niscaya Allah akan mengangkat orang – orang yang beriman diantara kamu dan orang – orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat, Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan’ ( QS. Al Mujadalah : 11 ).
Untuk itulah dibutuhkan peran serta yang sangat luas dari seluruh komponen masyarakat islam juga pihjak pemerintah dan legislator ( Anggota Dewan ) yang faham akan pentingnya penyiapan generasi bangsa ini yang lebih soleh dan sholihah.
Allah SWT di dalam Al Qur’an, sampai mengingatkan kepada kita semua bahwa walaupun kita sedang  dalam berperang fisik menghadapi musuh, kita harus tetap mengadakan sebuah proses belajar mengajar : ‘ tidak sepatutnya bagi orang – orang mukmin itu pergi semaunya ( ke medan perang ) mengapa tidak pergi tiap – tiap golongan diantara meraka berapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan pada kaumnya apabila mereka telah kembali padanya supaya itu dapat menjaga diri ’ ( QS. At Taubah : 122 ).
Sehingga akan tercipta di negara ini sebuah masyarakat yang sadar pada pendidikan, masyarakat yang senang untuk melaksanakan aktivitas belajar mengajar, karena itulah masyarakat yang utama, sabda Rasulullah SAW : “ Sebaik – baik di antara kalian adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengjarkanya “ ( HR Bukhori ).

Mari sekarang dukung dan bantu aktivitas menciptakan generasi Qur’ani yaitu generasi Rabbani dimana mereka mengajrkan Al Qur’an dan tetap mempelajarinya, Firman Allah SWT : “ Jadilah kamu seorang yang ROBBANI , yaitu kamu mengjarkan Al Qur’an dan tetap mempelajarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar